Activity

  • Velasquez Padilla posted an update 8 months, 3 weeks ago

    SariAgri – Meski tanaman hias tengah menjadi tren di masa pandemi COVID-19, namun tak semua orang bisa merawatnya dengan baik. Bahkan bagi pemula, mungkin memperbanyak tanaman hias adalah hal yang sulit. 

    Melansir dari Modern Farmer,ada beberapa cara memperbanyak tanaman seperti dengan membagi akar tanaman yang ada ataupun menggunakan media air atau tanah.

    Berikut beberapa cara untuk merawat dan memperbanyak tanaman hias bagi pemula:

    1. Perambatan air

    Pengakaran dalam air merupakan pendekatan paling umum untuk tanaman hias. Pertama-tama kamu membutuhkan tanaman seperti pothos atau sirih gading dengan batang seperti sulur.

    Pilih batang yang sehat dan gunakan gunting tajam, potong tepat di bawah batang dan letakkan batang di toples kaca dengan air bersuhu ruangan dan tempatkan di ruangan atau sudut yang bisa menerima cahaya.

    Selain itu jaga supaya air tetap segar, di mana setelah tanaman memiliki akar setidaknya dua inci maka tanaman siap dipindahkan ke pot dan ditanam dengan campuran pot.

    2.
    berita hortikultura Perambatan tanah

    Stek dari tanaman dengan batang berkayu seringkali lebih baik untuk perakaran di tanah. Pilih batang yang sehat pada tanaman induk dan gunakan pisau tajam dan steril untuk membuat potongan bersih pada sudut 45 derajat.

    Pemotongan harus mencakup ujung batang dan setidaknya dua atau tiga set daun. Ambil ujung potongan yang miring dan tempatkan ke dalam pot kecil dengan tanah. Jaga tanah tetap lembab (tetapi tidak basah) dan tunggu akar tumbuh selama berminggu-minggu atau beberapa bulan (tergantung pada tanamannya).

    Guna mengetahui apakah akar sudah terbentuk atau tidak, tarik tanaman secara perlahan. Adapun tanaman yang cocok diterapkan pada sistem ini yaitu tanaman laba-laba, tanaman ular, giok, sukulen dan pohon naga.

    Baca Juga: Zuriat, Buah Asli Timur Tengah yang Dapat Tingkatkan Kesuburan 9 Kehebatan Buah Murbei Bagi Kesehatan Tubuh

    3. Pengakaran

    Metode sederhana ini melibatkan pembagian tanaman dengan sistem akar yang dipotong kecil-kecil menjadi beberapa bagian, di mana tetap menjaga keutuhan akar yang ada. Ini adalah cara yang bagus untuk memperluas koleksi jika tanaman tumbuh melebihi potnya.

    Beberapa tanaman, seperti aloe atau pilea akan menyemburkan baby offsets kecil atau “pups” di pangkal tanaman yang dapat dibuang dengan hati-hati dan ditanam langsung ke tanah.

    Untuk membelahnya, pertama cabut tanaman dari potnya sehingga semua akarnya terbuka. Pisahkan akar dengan lembut untuk membuat tanaman terpisah.

    Jika tidak bisa mencabutnya dengan tangan, kamu bisa gunakan pisau atau gunting tajam untuk membelah akar yang kuat itu. Tanam kembali setiap tanaman dalam pot terpisah dan perhatikan saat mereka tumbuh.

    Tanaman yang baik untuk diperbanyak dengan pembelahan akar yaitu bunga lili perdamaian, tanaman ZZ, pileas (tanaman uang Cina) dan lidah buaya.

    Video Terkait 

Looking for a social media maven to help you get things done? Explored Media can create, manage and grow your social media influence! Interested? Click here & drop me a quick note - let's see if we're the right fit for you!

Skip to toolbar